Sabtu, 05 Januari 2019

LOG BOOK

Pentingkah LOG BOOK bagi Amatir Radio ?

 Masa-masa remaja sering sekali orang menuliskan perasaannya pada sebuah diary. Entah perasaan senang, sedih atau bahkan saat jatuh cinta. setelah beberapa tahun kemudian kadang ingin membuka kembali diary yang pernah dituliskannya itu, dan.. apa yang terjadi kadang mereka bisa tertawa dan senyum-senyum sendiri, bisa juga terasa larut akan masa yang silam karena ingat akan kejadian pada waktu itu.

Demikian juga pada kegiatan komunikasi radio amatir setiap melakukan kegiatan itu ada baiknya kita mencatatnya. Dimana kita akan mencatatnya? apa disecarik kertas atau buku atau note atau diary?

Bagi seorang amatir radio, logbook adalah tempatnya untuk menuliskan catatan harian tentang kegiatan komunikasi radio yang dilakukan.

Pertanyaan dari judul ini jawabnya tentunya ya! karena keberadaan dan penggunaan Log book sangat penting dalam kegiatan Amatir Radio, dari Log book yang terisi dengan baik dapat diketahui kegiatan yang telah dilakukan oleh Seorang Amatir Radio, dan seorang Amatir Radio dapat memperoleh informasi dan melakukan evaluasi kegiatan yang telah dilakukan, dengan Log book yang terisi dengan baik sipemilik akan memperoleh kenangan yang manis dimasa lalunya. bahkan dalam Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 49 tahun 2002 Pasal 54 ayat “ 1 c “ mengharuskan kita untuk memilikinya. Disitu dikatakan bahwa “setiap pemilik IAR diwajibkan memiliki dan mengisi Buku Log atas seluruh kegiatan Amatir Radio“.

Fungsi Logbook adalah :

1. Sebagai data dari kegiatan yang telah dilakukan

2. Sebagai bahan Informasi dan evaluasi

3. Sebagai Benda Kenang-kenangan

4. Sebagai Bahan Laporan

3 komentar:

  1. Setuju kang... alasannya karena hobby ngebrik pas radio rusak/lampu padam kan bisa ngomong sendiri sambil melihat callbook yg ada... hehe..

    BalasHapus
  2. Maaf bukan callbook tapi log book

    BalasHapus
  3. DULU dan SAAT INI !!!
    Yang pernah berjaya di tahun 1980an sampai dengan 2000 an, sekarang jaman sudah berubah semua lini sudah di masuki era digitalisasi …… Buktinya skrg di ORARI sendiri sdh mengakui komunikasi Digital dengan istilah MODE DIGITAL termasuk komunikasi di Orari. Logsheet dulu Analog di tulis tangan … mungkin ada yg pernah jadi Cheklog …. Ber air dach…mata meriksa Logsheet … skrg tinggal ketik Callsign lawan bicara sdh jadi Logsheet ……

    Dulu break … breakan …. Cuma cukup Radio antenna, Power Suply …… sekarang mesti di tambah dengan Laptop atau Computer untuk mempermudah kegiatan2 seperti Kontes dan lain sebagai nya, Ilmu dan Teknologi skrg mudah di dapat yg penting mau dan semangat yakin tetap bisa, Cuma terkadang seperti hidangan sudah tersedia tapi tidak ada selera . nasep lah kontes hanya orang2 itu aja …… tetap semangat ya ……… 🗣🎤 ....

    BalasHapus