Rabu, 09 Januari 2019

Cerita Break ... break .... DAHULU kala

Jaman Pemancar Radio di Kasih Peneng kalau tdk salah dulu namanya IPPRA


Break.....break..... 
Break... break...
Apa bisa dicopy...
Rojeeerrrr....

Itulah yang kalimat baku yang jadi isyarat ketok pintu yang harus diucapin oleh breaker yang baru mau ikutan gabung di ajang ngobrol lewat radio amatir, alias radio CB (citizen band) di jaman 80-an. 
Di jaman itu kegiatan yang satu ini termasuk mainan anak-anak muda kelas menengah ke atas. Emang mainan kok, soalnya kebanyakan cuma buat seneng-seneng cari ketawa atau cari kecengan. Ada sih yang serius, yang sampe bela-belain ikut ujian biar bisa dapet CALL SIGN resmi, tapi ya mereka itu orang-orang yang emang serius, bukan golongan anak muda yang suka maen-maen doang.

Lenyap Satu Persatu

Umumnya breaker radio amatir di era 80-an mengakhiri hobinya setelah mereka sudah memasuki jenjang pernikahan. Masa berkeluarga menyita hampir seluruh waktu seseorang untuk mencari nafkah dan memberi perhatian kepada keluarga, jadinya hobi yang satu ini harus ditinggalkan. 

Meskipun masih ada yang bertahan beberapa orang, tampaknya untuk masa saat ini penggemar radio amatir jumlahnya jauh menyusut dibanding tahun 80-an. Selain karena alasan yang senior udah pada sibuk dengan urusan keluarga, kalangan anak muda jaman sekarang kayaknya nggak tertarik lagi dengan dunia komunikasi radio. Terlalu ribet kali ya kalo dibandingin sama komunikasi lewat telpon seluler atau sarana chatting via internet yang saat ini sudah dikuasai oleh sebagian besar anak muda.

Bagaimanapun dunia radio amatir pernah hingar-bingar turut menyemarakkan kejayaan era 80-an. Ngebrik bisa dibilang salah satu icon 80-an selain rock and roll, jeans belel dan teriakan lantang Clause Maine si bintang vokalis group musik Scorpions saat menyuarakan When The Smoke Is Going Down.

Ngebrik Murah pake Interkom
Di sekitar akhir 80-an di beberapa daerah, orang-orang yang kreatif berhasil membangun jalur ngebrik tersendiri dengan peralatan yang jauh lebih murah dan terjangkau oleh banyak kalangan. Ngebrik lewat interkom.. Cukup dengan modal di bawah sepuluh ribu, sudah bisa ngerumpi via interkom dengan anak tetangga yang malu2 kucing.
Seperti yang pernah saya lakukan membuka Jalur Komunikasu Via Intercom Di Kecamatan PAHAUMAN Kalau dulu masuk Kab. Pontianak … sekarang sdh Pemekaran masuk di Kabupatan LANDAK.

Memang, ini bukan lagi komunikasi udara ala radio amatir. Tapi kalo ditinjau dari fungsi dan perilaku penggunanya, bisa dibilang seperti sodara sepupuan lah. Interkom sebenarnya adalah alat komunikasi antar ruangan yang dihubungkan oleh kabel. Dan agar bisa dimanfaatkan sebagai media komunikasi dengan banyak orang dalam satu lingkungan maka kabel interkom pun berseliweran dari rumah ke rumah. Awalnya satu RT terhubung dalam satu jaringan kabel. Lalu RT sebelah ikutan nyambung.... demikian seterusnya sampai akhirnya kabel interkom dengan beberapa jalur membelit-belit dengan rumit antar rumah

Lalu kenapa dinamain 'ngebrik' juga? Karena komunitas interkom ini sukses menyalin budaya dan aturan ngebrik dari jalur udara ke komunikasi jalur kabel ini. Memang sih, lingkupnya nggak akan bisa menandingi ngebrik dengan radio amatir. Tapi efeknya yang ditimbulkan nyaris sama. Banyak yang kecanduan hingga lupa waktu, dan banyak muncul romansa gombal antar pemakainya. 

Satu cerita yang paling berkesan dari Pahauman pindah ke Darit Kecamatan Menyuke .. disini tidak tanggung tanggung karena permintaan Teman2 yg berbasik Pertanian / Perkebunan … bla.bla ..bla … akhirnya berdiri Radio PENYULUHAN pada AM 3,5 MHz …. eh yg ramai malah pilihan Pendengar dengan Penyiar paling TOP untuk se kec Menyuke .. saudara SAKIMAN mdh2an beliau msh sehat, akhir cerita nanti di episode yang akan datang,
…. Begitu.. ganti ...........

2 komentar:

  1. jaman interkom asik...
    waktu ada kabel 'kawat' yang putus, malam malam masuk hutan buat nyambungnya. memori saat Sekolah Dasar...
    pff... de YC7DDU

    BalasHapus